MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANAK TK MENGGUNAKAN METODE 3M (MENGGUNTING, MENEMPEL DAN MERONCE) PADA KELOMPOK B4 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MUARA AMAN KABUPATEN LEBONG

Junofa, Junofa and Aliman, Aliman and Sri , Ken kustianti (2013) MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANAK TK MENGGUNAKAN METODE 3M (MENGGUNTING, MENEMPEL DAN MERONCE) PADA KELOMPOK B4 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MUARA AMAN KABUPATEN LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-jun-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dan meningkatkan kreativitas seni anak dengan menggunakan metode 3M (menggunting, menempel dan meronce) pada kelompok B4 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Muara Aman, Lebong. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas PTK), dengan subjek penelitian anak kelompok B4 yang berjumlah 25 anak, yang terdiri dari 15 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi anak. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diketahui bahwa penerapan metode 3M (menggunting, menempel dan meronce) dapat meningkatkan kreativitas seni pada diri anak. Hal ini dapat dilihat dari keberasilan anak pada siklus I sebanyak 60%, dan siklus II 80%. Begitu juga dengan kemampuan aktivitas guru pada siklus I mendapat skor 24 untuk kemampuan guru merancang pembelajaran dan 27 untuk kemampuan guru melaksanakan pembelajaran. Pada siklus ke II mengalamai peningkatan menjadi 27 untuk kemampuan merancang pembelajaran, 30 untuk kemempuan guru melaksanakan pembelajaran semua dengan katagori baik. Rekomendasi dari penelitian ini diberikan pada sekolah dan guru serta kepada Dinas Diknas setempat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 12 Dec 2013 15:03
Last Modified: 12 Dec 2013 15:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4164

Actions (login required)

View Item View Item