Zonika, Mega and Suhartono, Suhartono and Yulidesni, Yulidesni (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUCAPKAN KALIMAT BAHASA INDONESIA ANAK MELALUI MEDIA LAGU ANAKANAK PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA AMEN KABUPATEN LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III-1-13-mei-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-mei-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kegiatan bernyanyi melalui media lagu anak-anak dapat meningkatkan kemampuan mengucapkan kalimat bahasa pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengucapkan kalimat bahasa anak dengan media lagu anak-anak di TK Negeri Pembina Amen Kabupaten Lebong. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B TK Negeri Pembina yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan beberapa tahap pelaksanaan tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus, setiap siklus terdapat beberapa tahap dimulai dari perencanaan tindakan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dan interprestasi hasil analisis dilakukan pada saat peroses dan hasil kerja anak dalam melakukan kegiatan bernyanyi dengan media lagu sehingga digunakan lembar penilaian untuk mendapat data yang akurat dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak dikelompok B.TK Negeri Pembina Amen Kab.Lebong. Lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas anak dapat disimpulkan secara umum kemampuan mengucapkan kalimat pada anak dapat ditingkatkan melalui media lagu anak-anak dengan kegiatan bernyanyi. Pada sikus pertama aktivitas mengucapkan kalimat pada anak 58.33% dengan klasifikasi yang Tidak Baik dan meningkat pada siklus yang kedua 91.66% dengan klasifikasi yang sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bernyanyi dengan lagu anak-anak dapat meningkatkan kemampuan mengucapkan kalimat pada anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 10:11 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 10:11 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4177 |
Actions (login required)
View Item |