Linesti, Ety and Elvinawati , Elvinawati and Kancono, Kancono (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI KELAS XI TP1 SMKN 2 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Ety Linesti (A1F008003)-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Macromedia Flash dapat mempengaruhi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI TPI SMK N 2 Kota Bengkulu pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Data diolah menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana yaitu nilai total setiap siswa, nilai rata-rata, persentase daya serap, ketuntasan belajar, dan rata-rata skor observasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dengan Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil belajar kimia dan keaktifan siswa kelas XI TPI SMK N 2 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat pada (1) nilai rata-rata siswa pada siklus 1 yaitu 65,11, siklus II 70,38 dan siklus III 72,53 (2) daya serap siswa yaitu pada siklus 1 sebesar 65,11% siklus II 70,38% dan siklus III 72,53% (3) ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 57,69% siklus II sebesar 76,92% dan pada siklus III sebesar 88,46% (4) aktivitas siswa siklus 1 dengan skor rata-rata 20,5 (cukup) siklus II dengan skor rata-rata 27 (baik) dan siklus III dengan skor rata-rata 29,5 (baik).
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 11:12 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 11:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4193 |
Actions (login required)
View Item |