PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPETHINK PAIR SHARE (TPS) MELALUIMETODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVASD NEGERI 03 KOTA BENGKULU

Irawan,, Adi Fia and Endang , Widi Winarni and Hasnawati, Hasnawati (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPETHINK PAIR SHARE (TPS) MELALUIMETODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVASD NEGERI 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Adi Fia Irawan,-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untukmeningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas(Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor serta lembar post tes. Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis denganmenggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar siswa. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata observasi guru sebesar 41,75 dengan kriteria baik, dan pada siklus II menjadi 46,5 dengan kriteria baik danobservasi aktivitas siswa sebesar 41 dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor observasi siswa menjadi 45,5 dengan kriteria baik. Kemudian pada lembar penilaian afektif pada siklus I dikategorikan cukup dan lembar penilaian psikomotor juga dikategorikan cukup dengan, selanjutnya di siklus II penilaian afektif membaik dari kategori cukup menjadi baik danpenilaian psikomotor dari kategori cukup menjadi baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar54,83%dengan nilai rata-rata 70,97. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 82,76%dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 83,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kooperatif tipeThink Pair Share melalui metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa khususnya siswa kelas IV A SD Negeri 03 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 13 Dec 2013 11:32
Last Modified: 13 Dec 2013 11:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4196

Actions (login required)

View Item View Item