PERENCANAAN LAPIS TAMBAH (OVERLAY) PERKERASAN LENTUR DENGAN TIGA METODE (Studi Kasus Jalan RE. Martadinata Kota Bengkulu)

Prasanti, Aningtiayas and Samsul, Bahri and Makmun , Reza Razali (2012) PERENCANAAN LAPIS TAMBAH (OVERLAY) PERKERASAN LENTUR DENGAN TIGA METODE (Studi Kasus Jalan RE. Martadinata Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik UNIB.

[img] Text
ANINGTYAS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Jalan RE. Martadinata merupakan jalan masuk atau akses menuju pelabuhan Pulau Baai Bengkulu yang memiliki panjang 11 km. Jalan ini berfungsi sebagai jalan arteri, dengan jenis perkerasan yang digunakan adalah perkerasan lentur. Ruas Jalan RE. Martadinata memiliki laju transportasi yang tinggi, banyak dilalui kendaraan pengangkut batu bara dan bahan bakar minyak dengan berat muatan kendaraan melebihi berat izin maksimun (overload). Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan overlay menggunakan 3 metode yaitu Analisa Komponen 1987, metode Lendutan Binamarga (Pd-T-05-2005-B), dan AASHTO 1986. Data yang diperlukan untuk analisis ini berupa data lalu lintas, berat kendaraan overload, curah hujan, data teknis jalan, dan hasil pengujian lendutan dengan benkelman beam. Data tersebut diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum, yaitu SNVT Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional Provinsi Bengkulu. Bahan lapis permukaan menggunakan aspal dengan modulus 2000 Mpa atau Marshall Stability 800 kg. Untuk nilai CBR rencana tanah dasarnya adalah sebesar 1,82 % dan umur rencana 5 tahun. Dari hasil perhitungan tebal overlay berdasarkan data berat kendaraan maksimum yang diizinkan Bina Marga didapat tebal overlay dengan metode Lendutan (Pd-T-05-2005-B) sebesar 11 cm, metode Analisa Komponen 1987 sebesar 10 cm, dan AASHTO 1986 sebesar 13 cm. Sedangkan untuk perhitungan tebal overlay berdasarkan data berat rata-rata maksimum kendaraan overload diperoleh tebal overlay dengan metode Lendutan (Pd-T-05-2005-B) sebesar 17 cm, metode Analisa Komponen 1987 sebesar 14 cm, dan AASHTO 1986 sebesar 16 cm.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 14 Dec 2013 18:08
Last Modified: 14 Dec 2013 18:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4253

Actions (login required)

View Item View Item