STUDI DESKRIPTIF PEMBINAAN MORAL MELALUI PEMBELAJARAN PKn UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK DI SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU

Irwanto, Aris and Puspa , Djuwita and Resnani, Resnani (2012) STUDI DESKRIPTIF PEMBINAAN MORAL MELALUI PEMBELAJARAN PKn UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK DI SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Aris Irwanto-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi atau cara pembinaan moral yang dapat dilakukan oleh guru melalui pembelajaran PKn untuk mengembangkan karakter anak di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif-eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif eksploratif melalui mengolah data, menganalisis data dan menemukan hasil. Hasil analisis data dalam bentuk narasi. Dari analisis data menunjukkan bahwa pembinaan moral melalui pembelajaran PKn yang dilakukan oleh guru belum dilaksanakan secara optimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembinaan moral melalui pembelajaran PKn untuk mengembangkan karakter anak di SD Negeri 74 Kota Bengkulu masih belum optimal. Saran dari peneliti, untuk mencapai pembinaan moral yang optimal guru harus lebih meningkatkan kualitas pembelajaran yang membina moral, melakukan pembiasaan, melatih siswa, dan mensosialisasikan nilai kepada siswa. Guru juga harus memprogram dan merencanakan kegiatan pembelajaran yang bernuansa pembinaan moral.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 15 Dec 2013 14:40
Last Modified: 15 Dec 2013 14:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4393

Actions (login required)

View Item View Item