STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI 27 KOTA BENGKULU

Yuniana Wulandari, Beti and Puspa , Djuwita and Herman , Lusa (2012) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI 27 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Beti Yuniana Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan umum penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru terhadap pencapaian tujuan pendidikan moral dalam pembelajaran PKn di SD Negeri 27 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru terhadap tujuan pendidikan moral dalam proses pembelajaran PKn di SD Negeri 27 Kota Bengkulu yang dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif-eksploratif. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil analisis data dalam bentuk narasi. Dari analisis data menunjukkan bahwa pengelolaan perangkat dan proses pembelajaran PKn dalam mencapai tujuan pendidikan moral yang dilakukan oleh guru masih belum maksimal. Sehingga, penguasaan guru dalam melaksanakan evaluasi perilaku moral juga masih belum maksimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penguasaan guru terhadap pencapaian tujuan pendidikan moral dalam proses pembelajaran PKn di SD Negeri 27 Kota Bengkulu masih belum maksimal. Saran dari peneliti, untuk mencapai pengembangan perilaku moral yang optimal guru harus lebih meningkatkan kualitas dan penguasaannya terhadap pencapaian tujuan pendidikan moral. Guru juga harus memprogram dan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 15 Dec 2013 15:06
Last Modified: 15 Dec 2013 15:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4397

Actions (login required)

View Item View Item