ANALISIS RETRIBUSI PARKIR DI KOTA BENGKULU

Hendarto, Hendarto and Merri , Anitasari (2008) ANALISIS RETRIBUSI PARKIR DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-HEN-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
IV,V-HEN-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Retribusi Parkir di Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini adalah ketidakstabilan realisasi penerimaan retribusi parkir di Kota Bengkulu terhadap target yang telah ditetapkan. Permasalahan yang diangkat adalah apakah penetapan target penerimaan retribusi parkir di Kota Bengkulu telah sesuai dengan potensi yang ada. Metode yang digunakan untuk menghitung potensi retribusi parkir di Kota Bengkulu adalah pendekatan marka parkir. Pendekatan marka parkir adalah menghitung masa pergantian rata-rata kendaraan parkir di suatu lokasi yang kemudian dikalikan dengan marka kendaraan kemudian dikalikan dengan tarif yang berlaku dan dikalikan dengan jumlah hari kerja dalam sebulan. Hasilnya kemudian diproyeksikan menjadi potensi penerimaan retribusi parkir dalam satu tahun. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang cukup besar antara potensi penerimaan retribusi parkir dengan target yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Bengkulu pada Tahun 2007. Dinas Pendapatan Daerah menetapkan target penerimaan retribusi parkir sebesar Rp.500.000.000,-, terdapat selisih sebesar Rp.629.635.000,- dengan potensi retribusi parkir yang diperkirakan masuk ke kas Dinas Pendapatan Daerah yaitu sebesar Rp.1.129.635.000,- dari potensi keseluruhan penerimaan retribusi parkir kota Bengkulu, yaitu Rp.3.152.385.000,-. Kendala utama yang dihadapi oleh Dinas Pendapatan Daerah dalam pencapaian target penerimaan retribusi parkir adalah kedisiplinan juru parkir dalam menyetorkan hasil retribusi setiap bulan. Penulis menyarankan kepada pihak pengelola retribusi parkir, sebagai upaya peningkatan penerimaan retribusi parkir yaitu mengubah masa periode setoran menjadi lebih singkat, misal periode minggu atau hari.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 16 Dec 2013 09:34
Last Modified: 16 Dec 2013 09:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4541

Actions (login required)

View Item View Item