UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE KUPAS RANGKAI DI KELOMPOK B1 PADA TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA DINAS DIKNAS KOTA BENGKULU

Padistaria, Padistaria and Wembrayarli, Wembrayarli and Yulidesni, Yulidesni (2013) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE KUPAS RANGKAI DI KELOMPOK B1 PADA TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA DINAS DIKNAS KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-nur-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-nur-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah “ Apakah dengan menggunakan metode kupas rangkai dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B1” Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang upaya peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui Metode kupas rangkai lebih operasional lagi Cara merencanakan dan menerapkan Metode Kupas rangkai serta Strategi yang digunakan dalam menerapkan pembelajaran kemampuan membaca permulaan anak kelompok B1 dengan aspek penilaian yaitu tahap mengenal huruf vokal/konsonan, tahap merangkai dua huruf menjadi suku kata dan tahap menggabungkan suku kata menjadi kata. Jenis penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Dharma Wanita Dinas Diknas Kota Bengkulu dengan jumlah sampel 15 orang terdiri dari 9 laki-laki dan 6 orang perempuan rata-rata berusia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan data dengan lembar observasi dan tes tindakan, tehnik analisis data penelitian menggunakan uji persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan anak,rata-rata pada siklus I pertemuan I (17 %), pertemuan II (27 %), pertemuan III (43 %) dan pada siklus II pertemuan I (58%). Pertemuan II (73 %), pertemuan III (89 %). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak telah mencapai peningkatan dengan rata-rata 89%. Diharapkan kepada guru yang mengajar di TK khususnya TK Dharma Wanita Dinas Diknas Kota Bengkulu kelompok B1 agar lebih meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dengan metode kupas rangkai dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 16 Dec 2013 10:51
Last Modified: 16 Dec 2013 10:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4564

Actions (login required)

View Item View Item