PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN PENGETAHUAN AKUNTANSI DI TINGKAT PENGANTAR

Safitri, Deavita and Isma, Coryanata (2008) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN PENGETAHUAN AKUNTANSI DI TINGKAT PENGANTAR. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-DEV-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (334kB)
[img] Text
IV,V-DEV-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman pengetahuan akuntansi di tingkat pengantar. Kecerdasan emosional diukur dengan pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial, sedangkan tingkat pemahaman pengetahuan akuntansi diukur dengan nilai mata akuntansi pengantar. Kuisioner yang digunakan diadopsi dari Suryaningsum dan Eka Indah Trisnawati (2003) dengan skala likert. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda melalui SPSS versi 12.0. Hasil analisis menunjukkan pengaruh kecerdasan emosional yang terdiri dari pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial dalam penelitian ini secara berurutan yang memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi pengantar I adalah pengenalan diri (0,026), motivasi (0,04) dan keterampilan sosial (0,119). Sedangkan pengaruh negatif ditunjukkan oleh pengendalian diri (-0,011), dan empati (-0,047). Koefisien korelasi antara variabel kecerdasan emosional dengan variabel tingkat pemahaman akuntansi pengantar I sebesar 0,130 yang bermakna adanya keterkaitan antara tingkat pemahaman akuntansi pengantar I dengan kecerdasan emosional sebesar 13%. Adjusted R 2 yang diperoleh 0,082 yang berarti hanya 8,2% perubahan tingkat pemahaman akuntansi pengantar dipengaruhi oleh pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial. Kecerdasan emosional secara signifikan tidak berpengaruh terhadap pemahaman pengetahuan akuntansi pengantar. Hasil penelitian ini sesuai dengan Suryaningsum dan Eka Indah Trisniwati (2003) yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional tidak memberikan pengaruh yang berarti terhadap tingkat pemahaman akuntansi seorang mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 16 Dec 2013 17:51
Last Modified: 16 Dec 2013 17:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4631

Actions (login required)

View Item View Item