PROBLEMATIKA MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

Sarty, , Atmanandha and Susetyo, Susetyo and Suriyam, Suriyam (2012) PROBLEMATIKA MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui prose kegiatan belajar mengajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini yaitu observasi, rekaman, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan terhadap problematika menulis puisi siswa dapat disimpulkan (1) Puisi menggunakan huruf kecil dan besar secara acak pada permulaan baris baru puisinya. (2) Penulisan puisi pada tepi kanan dan tepi kiri halaman yang memuat penuh terisi oleh kata-kata puisi sehingga terlihat seperti sebuah karangan cerita. (3) Penggunaan kata-kata dalam puisi yang kurang tepat sehingga menjadikan pembaca bingung mengartikan makna puisi tersebut. (4) Penulisan puisi yang tidak tepat dalam memilih kata-kata dan ketepatan penempatannya, maka kata-kata itu tidak memancarkan daya gaib yang mampu memberikan sugesti kepada pembaca untuk ikut sedih, terharu, bersemangat, marah, dan, dan sebagainya. (5) Puisi yang ditulis siswa hanya mengungkapkan imaji penglihatan saja yang puisi tersebut hanya melukiskan sesuatu yang bergerak-gerak. Sedangkan imaji yang menguraikan bunyi dan imaji perabaan, kurang mendapatkan perhatian dari siswa penulis puisi. Sehingga tidak memperkuat dan menambah kepuitisan puisi tersebut. (6) Siswa tidak mengkonkretkan hal yang ingin dikemukakan pada kata-kata dalam puisi. (7) Penulisan puisi tidak menggunakan bahasa figuratif (majas) yang menyebabkan sajak menjadi tidak menarik. (8) Tidak memaparkan tema puisi yang sesuai dengan pancasila yaitu: Ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, kedaulatan rakyat, dan keadilan sosial. Melainkan penulisan puisi siswa pada umumnya menggunakan tema keindahan dan kasih sayang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 16 Dec 2013 21:33
Last Modified: 16 Dec 2013 21:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4640

Actions (login required)

View Item View Item