PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK PUISI DENGAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 03 KOTA BENGKULU (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Dores, Dores and Dian , Eka Chandra and Agus , Joko Purwadi (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK PUISI DENGAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 03 KOTA BENGKULU (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi-Dores-A1A008016.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (900kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran menyimak puisi dengan pendekatan Quantum Teaching siswakelas VII SMP Negeri 03 Kota Bengkulu, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan menyimak puisi dengan pendekatan Quantum Teaching siswa kelas VII SMP Negeri 03 Kota Bengkulu. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan strategi dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek adalah siswa kelas VII SMP Negeri 03 Kota Bengkulu yang berjumlah 36 siswa dan mitra adalah guru kelas VII yaitu Afrida, S. Pd. Sumber data yang digunakan adalah: (1) peristiwa, yaitu proses pembelajaran yang berlangsung saat pembelajaran menyimak dengan menggunakan pendekatan quantum teaching; (2) informan, yaitu pendidik dan anak didik (siswa kelas VII); dan (3) dokumen, yaitu materi menyimak, hasil pekerjaan siswa, dan daftar nilai siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) analisis lembar observasi, (2) analisis data hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus prosedurnya adalah: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah peningkatan persentase ketuntasan belajar dan nilai rata-rata kelas. Hasil penelitian adalah: (1) Quantum Teaching dapat diterapkan dalam kegitan menyimak puisi, (2) Terjadi peningkatan kemampuan menyimak puisi siswa menggunakan pendekatan quantum teaching. Diketahui dari hasil tes siklus I nilai rata-rata mencapai 68,4 dengan ketuntasan belajar mencapai 72,2%, pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata yaitu 80,2 dengan ketuntasan belajar mencapai 86,1%. hasil ini menunjukkan adanya peningktan kemampuan menyimak puisi dengan menggunakan pendekatan Quantum Teaching.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 16 Dec 2013 21:53
Last Modified: 16 Dec 2013 21:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4645

Actions (login required)

View Item View Item