Aprianti, Rahma and I Wayan , Dharmayana and Wembrayarli, Wembrayarli (2013) MENINGKATKAN KREATIVITAS GAMBAR ANAK MELALUI MELUKIS PASIR DI ATAS KACA PADA KELOMPOK B TK SATU ATAP PADANG KURAWAN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
|
Text
I,II,III-1-13-rah-FI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-rah-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah “ Bagaimanakah melukis pasir di atas kaca dapat meningkatkan kreativitas gambar anak pada kelompok B TK Satu Atap Padang Kurawan Bengkulu Selatan”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dengan melukis pasir di atas kaca dapat meningkatkan kreativitas gambar anak pada kelompok B TK Satu Atap Padang Kurawan Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan dalam pembuatan skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelompok B Taman Kanak- Kanak Satu Atap Padang Kurawan Bengkulu Selatan yang berjumlah 10 orang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus kesatu dan siklus kedua. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik kuantitatif dalam bentuk persentase. Dari hasil penelitian diperoleh pada setiap siklus terjadi peningkatan, pada siklus pertama yaitu pada aspek kelancaran ide anak dalam melukis kreteria baik 50%, sedang 20%, kurang 30%. Sedangkan pada aspek Variasi ide anak dalam melikis kreteria baik 50%, sedang 30%, kurang 20%.Pada aspek keaslian ide anak keteria baik 40%, sedang 40%, kurang 20%.Sedangka aspek Kerincian ide anak kreteria baik 40%,s edang 40%, kurang 20%. Pada siklus kedua aspek kelancaran ide anak kreteria baik 80%, sedang 20%. Aspek Variasi ide anak dalam melukis kreteria baik 90%, sedang 10%.Aspek keaslian ide anak dalam melukis kreteria baik 80%, sedang 20%. Aspek kerincian ide anak kreteria baik 80%, sedang 20%. Berdasarkan pada siklus I siklus II. Setiap siklus terjadi peningkatan dan berhasil, perbaikanpembelajaran ini juga meningkatkan keaktifan anak didik dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak melalui pembelajaran melukis denga dengan pasir meningkat secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 16 Dec 2013 22:36 |
Last Modified: | 16 Dec 2013 22:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4648 |
Actions (login required)
View Item |