KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK CERPEN BOBO SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU

Kartika Hartati, Heni and Ria, Ariesta and Suriyam, Suriyam (2012) KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK CERPEN BOBO SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen Bobo Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu yang terdiri dari empat kelas yang total keseluruhannya adalah 143 siswa. Sampel diambil sebesar 35% dari jumlah siswa kelas VIII yang berjumlah 143 dengan teknik random sampling. Tujuan penelitian ini adalah menngetahui kemampuan memahami unsur intrisik dan eksrtrinsik cerpen Bobo siswa kelas VIII SMP Negeri 13 kota Bengkulu. Untuk melihat kemampuan siswa tersebut, dilakukan dengan teknik tes yang berbentuk tes pilihan ganda yang berjumlah 15 item dengan waktu 60 menit. Alat tes tersebut terlebih dahulu di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran daya pembedanya. Dalam penelitian ini terdapat tiga cerpen yaitu Cabe Emas, Pelajaran Bagi Raja dan Menuju Ke Hutan Bakau yang dianalisis oleh siswa yang setiap cerpen terdiri dari 15 item kemampuan memahami cepen tersebut dianggap layak untuk diteliti. Sebelum penelitian dilakukan terlebih dahulu di uji cobakan, hasil dari uji coba terdapat 1 item yang tidak layak yang terdapat pada soal cerpen kedua (Pelajaran Bagi Raja), namun 1 item tersebut direvisi, sedangkan untuk cerpen pertama (Cabe Emas) dan Cerpen ketiga (Menuju Ke Hutan Bakau) semua item soal layak. Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami pada aspek penokohan berada pada tingkat85%-100% dengan kategori baik sekali sebesar 86,3%, pemahaman pada aspek latar berada pada tingkat 85%-100% dengan kategori baik sekali sebesar 90,2%, pemahaman pada aspek alur berada pada tingkat 60%-74% dengan kategori cukup sebesar 72,3%, pemahaman pada aspek tema berada pada tingkat 85%-100% dengan kategori baik sekali sebesar85,3%, pemahaman pada aspek amanat berada pada tingkat 85%-100% dengan kategori baik sekali sebesar 92,6%, pemahaman pada aspek nilai sosial berada pada tingkat 85%-100% dengan kategori baik sekali sebesar 96,6%, pemahaman pada aspek memahami sikap dan menanggapi persoalan yang dihadapi tokoh cerita berada pada tingkat 85%-100% dengan kategori baik sekali sebesar 96%, pemahaman siswa terhadap unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen berada pada tingkat 85%- 100% dengan kategori baik sekali sebesar 87,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 16 Dec 2013 22:09
Last Modified: 16 Dec 2013 22:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4650

Actions (login required)

View Item View Item