PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA KELAS VIII.3 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012 (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Aprianti, , Hera. and Agus , Trianto and Bambang , Djunaidi (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA KELAS VIII.3 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012 (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (736kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis berita melalui pendekatan Whole Language. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran peningkatan keterampilan menulis berita dengan menerapkan pendekatan Whole Language pada siswa kelas VIII.3 SMPN 18 Kota Bengkulu tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi (guru dan siswa) dan lembar tes tertulis menulis berita. Teknik pengumpulan data terdiri dari lembar pengamatan, tes menulis berita, dan dokumentasi. Prosedur penelitian yang digunakan adalah dengan model Arikunto, dengan langkah-langkah penelitian, yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 46,87% dengan nilai rata-rata 72,5. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75% dengan nilai rata-rata 77,46. Berdasarkan data tersebut ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan sebesar 28,13% dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 4,96. Meningkatnya hasil pembelajaran siswa tersebut, dapat juga dilihat dari sikap siswa setelah berlatih menulis berita melalui pendekatan Whole Language. Dengan demikian, dapat disimpulkan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 16 Dec 2013 22:13
Last Modified: 16 Dec 2013 22:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4651

Actions (login required)

View Item View Item