UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PEMBELAJARAN MENGUKUR DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK AL MUHAJIRIN KOTA BENGKULU

Oktafia, Sri and Sri , Saparahayuningsih and Sumarsih, Sumarsih (2013) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PEMBELAJARAN MENGUKUR DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK AL MUHAJIRIN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-sri-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-sri-FI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui pembelajaran mengukur dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak. Sedangkan tujuannya untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui pembelajaran mengukur dengan metode demonstrasi di kelompok B1 Taman Kanak-kanak Al Muhajirin Kota Bengkulu. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelompok B1 berjumlah 12 orang anak, 4 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran mengukur dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak dengan persentase siklus I sebesar 58,25% meningkat di siklus II menjadi 79%. Dari hasil tersebut maka disarankan seorang guru agar menyiapkan hal-hal yang mendukung terlaksananya metode demonstrasi dan memperhitungkan waktu yang diperlukan untuk metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 17 Dec 2013 09:35
Last Modified: 17 Dec 2013 09:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4665

Actions (login required)

View Item View Item