FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS BENGKULU

Purwasih, Ratih and Lisa, Martiah Nila Puspita (2008) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-RAT-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (666kB)
[img] Text
IV,V-RAT-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (785kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel dosen, silabus, kurikulum, sistem evaluasi, dan literatur terhadap proses pembelajaran akuntansi dan untuk melihat baik buruknya proses pembelajaran akuntansi Universitas Bengkulu. Data dari penelitian ini adalah hasil kuesioner dan nilai mata kuliah akuntansi dari 143 responden penelitian yang berasal dari mahasiswa akuntansi Universitas Bengkulu angkatan 2002-2007. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji mean dengan bantuan program SPSS Windows versi 15.0. Penelitian ini terdiri dari variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen penelitian ini adalah proses pembelajaran akuntansi, dan variabel dosen, silabus, kurikulum, sistem evaluasi, dan literatur sebagai variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara parsial variabel dosen berpengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran akuntansi dengan nilai t sebesar 2.030 lebih besar dari t tabel hitung sebesar 1.977. (2) Secara parsial variabel silabus berpengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran akuntansi dengan nilai t sebesar 2.238 lebih besar dari t tabel hitung sebesar 1.977. (3) Secara parsial variabel kurikulum tidak berpengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran akuntansi dengan nilai t sebesar 2.238 lebih kecil dari t tabel hitung sebesar 1.977. (4) Secara parsial variabel sistem evaluasi tidak berpengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran akuntansi dengan nilai t hitung sebesar 1.514 lebih kecil dari t sebesar 1.977. (5) secara parsial variabel literatur tidak berpengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran akuntansi nilai t tabel sebesar 0.689 lebih kecil t tabel hitung sebesar 1.977. (5) Secara simultan variabel dosen, silabus, kurikulum, sistem evaluasi dan literatur tidak berpengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran akuntansi dengan nilai F sebesar 1.983 lebih kecil dari nilai F sebesar 2.280. (6) Proses pembelajaran akuntansi Universitas Bengkulu sudah baik dengan nilai mean 3.09

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 17 Dec 2013 10:39
Last Modified: 17 Dec 2013 10:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4681

Actions (login required)

View Item View Item