PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ENAM-M PADA SISWA KELAS X 3 MAN MODEL KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012

Fauza, , Nur and Agus , Joko Purwadi and Supadi, Supadi (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ENAM-M PADA SISWA KELAS X 3 MAN MODEL KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan menggunakan strategi Enam-M pada siswa kelas X 3 MAN Model Kota Bengkulu dan untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis cerpen dengan Startegi Enam-M pada siswa kelas X 3 MAN Model Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali tindakan atau dua siklus. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan (siklus I), siswa mencapai tujuan pembelajaran sebanyak 16 siswa dari 22 siswa dengan nilai ketuntasan 72,73%, hal ini berarti pada siklus I siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan berjumlah 6 orang siswa karena masih ada siswa yang kurang termotivasi pada saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus kedua, guru memberikan solusi jika siswa belajar secara berkelompok dengan judul cerpen yang berbeda tiap kelompok, sehingga pada siklus II, siswa yang mencapai tujuan pembelajaran sebanyak 19 siswa dari 22 siswa dengan nilai ketuntasan 86,36%. Meningkatnya hasil pembelajaran itu juga dilihat dari hasil patokan nilai sikap siswa yang meningkat setelah dilakukannya pembelajaran menulis cerpen dengan strategi Enam-M. Hal ini menunjukkan walaupun target kemampuan menulis cerpen yang diinginkan secara klasikal belum tercapai, namun strategi Enam-M dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa secara individu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 10:41
Last Modified: 17 Dec 2013 10:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4682

Actions (login required)

View Item View Item