Oktasari, , Rini and Suriyam, Suriyam and Emi, Agustina (2012) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Skripsi PDF Rini.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang ingin disampaikan oleh Andrea Hirata dalam novel Sang Pemimpi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang dibantu dengan pendekatan struktural dan ekspresif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Analisis data yang dilakukan dengan cara (1) membaca dan memahami secermat dan seteliti mungkin novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, (2) membuat sinopsis novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, (3) menganalisis unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, (4) mengidentifikasi data-data yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, (5) menganalisis nilai-nilai pendidikan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, (6) menganalisis pendekatan ekspresif yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, dan (7) mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan, nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi yaitu, nilai religius, nilai moral, nilai sosial, dan nilai budaya. Nilai religius yang terdapat novel ini yaitu, mengikat manusia dengan Tuhan, saling menghargai dan menghormati, semangat kerja, taat beragama, dan tanpa putus asa. Nilai moral yang diangkat dalam novel Sang Pemimpi yaitu tentang persahabatan, semangat dan pengorbanan, sikap jujur, kepedulian terhadap sahabat dan kedisiplinan. Nilai sosial dalam novel Sang Pemimpi yaitu kepedulian terhadap orang lain (sifat empati) dan kepedulian terhadap sahabat (rela berkorban). Nilai budaya dalam novel Sang Pemimpi yaitu masalah adat istiadat yang masih abstrak dan masih dijunjung tinggi oleh masyarakat Melayu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 10:49 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 10:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4686 |
Actions (login required)
View Item |