Rusdiana., Shelvy and Padi, Utomo and M, Aripin (2012) PENERAPAN TEKNIK TRI-FOKUS STEVE SNYDER UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA SISWA KELAS X BROADCASTING DI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
SKRIPSI SHELVY-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (761kB) |
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik tri-fokus steve snyder dapat meningkatkan kecepatan efektif membaca siswa kelas X Brodcasting di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu tahun ajaran 2012/2013? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecepatan efektif membaca siswa kelas X Broadcasting dengan penerapan teknik tri-fokus steve snyder dalam pembelajaran membaca cepat 250 kpm dengan pemahaman isi 75%. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu dengan siklus 1 dan siklus 2. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan teknik tri-fokus steve snyder ini yaitu dengan cara melaksanakan latihan-latihan membaca cepat dan melaksanakan pengukuran membaca cepat. Hasil penelitian tindakan kelas siklus I menunjukkan, siswa yang mencapai tujuan pembelajaran sebanyak 11 orang siswa dari 30 siswa, hal ini berarti pada siklus I siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan belajar berjumlah 19 orang siswa karena masih banyaknya siswa yang belum terbiasa dengan latihan-latihan dan pengukuran membaca cepat yang telah diberikan, sehingga pada siklus II guru berusaha meningkatkan latihan dan pengukuran membaca cepat siswa, sehingga pada siklus II ini siswa yang mencapai tujuan pembelajaran sebanyak 20 orang siswa dari 30 siswa. Meningkatnya hasil pembelajaran tersebut dilihat juga dari hasil patokan aktivitas siswa yang meningkat setelah dilakukan pembelajaran membaca cepat 250 kpm dengan teknik tri-fokus steve snyder. Hal ini menunjukkan walaupun target kecepatan efektif membaca yang diingginkan secara kalasikal belum tercapai, namun teknik tri-fokus steve snyder dapat meningkatkan kecepatan efektif membaca siswa secara individu. Kesimpulan akhir penelitian ini adalah penerapan teknik tri-fokus steve snyder ini juga dapat meningkatkan kecepatan efektif membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 11:00 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 11:00 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4691 |
Actions (login required)
View Item |