Upaya Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Berita Siswa Kelas VIII A SMP N 11 Kota Bengkulu dengan Model Pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) Tahun Ajaran 201/2012

Damai Lestari, Wiwiet and Ria, Ariesta and Padi, Utomo (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Berita Siswa Kelas VIII A SMP N 11 Kota Bengkulu dengan Model Pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) Tahun Ajaran 201/2012. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
wiwiet _A1A008040_-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran TTW dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mendengarkan berita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 11 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 31 orang siswa, yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Tempat dan waktu penelitian dalam penelitian ini ialah di kelas VIII A SMP N 11 Kota Bengkulu yang beralamatkan di jalan Bandar Raya, Rawa Makmur Permai, Kota Bengkulu dan penelitian ini dilakukan pada saat jam tatap muka pembelajaran bahasa Indonesia yaitu pada hari Selasa 10 April 2012 dan 17 April 2012. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi aktivitas siswa dan observasi aktivitas guru serta tes kemampuan mendengarkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis proses pembelajaran, data observasi, dan data tes yang dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan atau dua siklus. Hasil penelitian dalam 2 siklus yang dilaksanakan mengalami peningkatan, yakni pada siklus I yaitu, daya serap siswa 70,75%, ketuntasan 22,23%, dan rata-rata nilai tes 70,75. Sedangkan pada siklus II terdapat 31 orang siswa yang mengikuti tes secara keseluruhan mengalami peningkatan nilai. Dengan nilai rata-rata 77,32, daya serap 77,32%, dan ketuntasannya mencapai 87,10%. Model pembelajaran TTW ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam aspek pembelajaran keterampilan berbahasa. Aktivitas siswa terlihat pada kegiatan belajar di kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TTW pada mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada keterampilan mendengarkan dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII A SMP N 11 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 11:11
Last Modified: 17 Dec 2013 11:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4696

Actions (login required)

View Item View Item