Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di SD Negeri 69 Kota Bengkulu,-

Fuji Astuti, Fitri and Hartanto, Hartanto and Effie , Efrida Muchlis (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di SD Negeri 69 Kota Bengkulu,-. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI FITRI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada pengajaran matematika dapat meningkatkatkan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui bagaimana mengaktifkan dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika yang menerapkan pendekatan PMRI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas IIIc yang berjumlah 35 orang.Adapun instrument penelitian ini adalah tes siklus, lembar observasi siswa dan wawancara siswa. Data dari instrument dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1)Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan pembelajaran dengan pendekatan PMRI dapat diupayakan dengan penggunaan LKS yang berisikan masalah kontekstual dan langkah-langkah penuntun siswa dalam menemukan konsep. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai tes siklus siswa yang mengalami peningkatan tiap siklus berturut-turut yaitu 53,55 , 64,44 dan 73,32. Terdapat juga peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 22,99%, 50% dan 75%. (2)Penerapan pembelajaran dengan pendekatan realistik dapat mengaktifkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran di mana siswa terlibat langsung dalam menemukan konsep-konsep awal dan bebas mengkomunikasikan ide-ide mereka. Peningkatan keaktifan siswa dalam dilihat dari hasil rata-rata skor observasi siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III berturut-turut yaitu: 16 (kurang aktif), 20 (cukup aktif), dan 27 (aktif). (3)Siswa memberikan respon positif terhadap kegiatan belajar dengan menggunakan pendekatan PMRI. Terbukti dari hasil wawancara dengan beberapa siswa yang menyatakan menyukai pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI dan dapat membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahan matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 11:56
Last Modified: 17 Dec 2013 11:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4714

Actions (login required)

View Item View Item