PERBANDINGAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA

Syaputra, Tri and Saleh, Haji and Nurul, Astuty Yensy (2012) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Tri Syaputra (A1C008047)-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil dan motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan problem posing lebih tinggi daripada hasil dan motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok Kelapa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajarannya dilaksanakan dengan pendekatan problem posing sedangkan kelas kontrol pembelajarannya secara konvensional. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan problem posing lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar secara konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok Kelapa. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil uji signifikan menggunakan uji-t dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 16.0 dengan taraf nyata ? = 0,05 diperoleh nilai p sig (2-tailed) < 0,05. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan problem posing sama dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar secara konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok Kelapa. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil uji signifikan menggunakan uji-t dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 16.0 dengan taraf nyata ? = 0,05 diperoleh nilai p sig (2-tailed) > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:24
Last Modified: 17 Dec 2013 12:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4725

Actions (login required)

View Item View Item