PENINGKATAN NILAI-NILAI AGAMA MELALUI METODE BERNYANYI DI PAUD KENCANA KOTA BENGKULU

Susanti, Erma and Pudji , Hartuti and Norman, Syam (2012) PENINGKATAN NILAI-NILAI AGAMA MELALUI METODE BERNYANYI DI PAUD KENCANA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SUSAN PDF-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan nilai-nilai agama melalui metode bernyanyi di PAUD Kencana. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dan teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan data dokumentasi. Ada 15 perilaku yang menjadi indikator tingkat pemahaman siswa, 7 perilaku untuk siklus I, dan 8 perilaku pada siklus II yang dibagi menjadi II pertemuan, dengan pengkategorian baik untuk penguasaan 10-15 perilaku, sedang untuk 5-10 perilaku, dan kurang untuk penguasaan 1-5 perilaku yang bisa dilakukan siswa. Subjek penelitian adalah 10 orang siswa PAUD Kencana. Hasil penelitian menunjukan 6 orang siswa mampu menguasai atau mengamalkan 10-15 perilaku, 3 orang siswa mampu menguasai atau melakukan 5-10 perilaku dan 1 orang siswa hanya bisa melakukan 1 perilaku. Tingkat penguasaan ini juga dipengaruhi oleh usia siswa, interaksi atau peran dari lingkungan ana, baik sekolah maupun rumah tempat tinggal. Kesimpulan yang bisa diambil adalah metode bernyanyi dapat meningkatkan pemahaman anak akan nilai-nilai agama dan bisa menjadi metode alternatif dalam menanamkan nilai agama kepada siswa didik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:39
Last Modified: 17 Dec 2013 12:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4732

Actions (login required)

View Item View Item