MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIFPADA ANAK USIA DINI

M, Linda and Pudji , Hartuti and Normansyah, Sendi (2012) MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIFPADA ANAK USIA DINI. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI LINDA M-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari anak belum mengenal angka, bentuk, bilangan dan menata balok. dalam pengucapan anak bisa menyebut satu, dua, tiga tetapi anak belum bisa memahami angka tersebut, juga mengenal bentuk : pintu, jendela, batu bata dan cara menyusun suatu benda. Oleh sebab itu Peneliti bertujuan mendeskripsikan permainan yang menarik minat anak, dalam mengenal bentuk balok, angka, urutan bilangan dan menata balok dengan cara melihat bentuk nyata yang bisa anak sentuh dan mainkan. Dengan demikian peneliti mengharapkan anak semakin bertambah pemahamannya dalam bidang logika matematika. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang mana subjek penelitian adalah peserta didik Kelompok bermain Taman Kanak-kanak Islam terpadu Baitul Izzah kota Bengkulu, yang berjumlah 21 anak, 11 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini menggunakan 3 siklus data di analisis menggunakan nilai Persentase Hasil yang didapat pada siklus 1 rata-rata yang mendapat nilai baik untuk mengenal angka 5 anak (24 %), untuk nilai baik mengenal bentuk 7 anak (33 %), nilai baik untuk kemampuan berhitung 10 anak (48%), dan nilai baik untuk kemampuan menata balok 10 anak (48%). untuk siklus ke 2 nilai baik mengenal angka 10 anak (48 %), mengenal bentuk 11 anak (52 %), kemampuan berhitung 14 anak (66%), dan kemampuan menata balok 14 anak (66%) dan meningkat terus pada setiap siklusnya. Pada hasil akhir, kemampuan anak untuk mengenal angka 20 anak (95 %), nilai mengenal bentuk 19 anak (91 %), kemampuan berhitung 18 anak (86 %), dan kemampuan menata balok 18 anak (86%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berhitung dapat meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Melalui Bermain Konstruktif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 13:05
Last Modified: 17 Dec 2013 13:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4745

Actions (login required)

View Item View Item