MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP

Handayani, Lola and Nina, Kurniah and Afifatus , Sholihah (2012) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI LOLA HANDAYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap adapun subtema penelitian ini adalah pengucapan kata, pengembangan kosa kata, mengekspresikan kata. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap di Taman Kanak-kanak Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu. Subtema dalam penelitian ini yaitu kelompok B2 berjumlah 6 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. hasil penelitian ternyata metode bercakap-cakap dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak khususnya aspek pengucapan kata, pengembangan kosa kata, mengekspresikan kata telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Data dikumpulkan dengan analisis data secara deskriptif kualitatif. Dalam menerapkan metode bercakap-cakap dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak. Seorang guru direkomondasikan mencontohkan , menjelaskan, memberi penguatan dan media yang bervariasi untuk mempersiapkan hal-hal yang mendukung perkembangan berbicara anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 13:16
Last Modified: 17 Dec 2013 13:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4752

Actions (login required)

View Item View Item