Risti Dwi Putri, Pebri and Afifatus , Sholihah and Normansyah, Sendi (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK LESTARI DESA SRIKATON. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
PEBRI RISTI DWI PUTRI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah ”Apakah kemampuan membaca permulaan anak bisa meningkat melalui metode SAS?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui metode SAS dengan aspek penilaian, yaitu kata, suku kata dan huruf. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Lestari Desa Srikaton tahun 2012 dengan jumlah anak 19 orang (10 laki-laki dan 9 perempuan) rata-rata usia 5 sampai 6 tahun. Penelitian ini menggunakan data dengan membuat lembar observasi dan tes tindakan. Teknik analisis data penelitian tindakan kelas ini menggunakan uji persentase, sedangkan instrumen pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi anak dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan anak, pada siklus 1 pertemuan pertama (43%), pertemuan kedua (50%), pertemuan ketiga (62%) dan pada siklus 11 pertemuan pertama (69%), meningkat pada pertemuan kedua (76%), meningkat lagi pada pertemuan ketiga (87%), dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca anak di TK Lestari sudah tercapai dengan peningkatan 87%. Diharapkan kepada guru yang mengajar di TK khususnya di TK Lestari Desa Srikaton agar lebih meningkatkan kemampuan membaca anak dengan metode Sas dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 13:29 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 13:29 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4757 |
Actions (login required)
View Item |