Aprian, Rina and Nina, Kurniah and Sularsih, Anggarawati (2012) MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK VERBAL MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
RINA APRIANI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan linguistik verbal, khususnya dalam menyimak, berbicara, dan menulis pada anak usia dini melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari lima kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelompok B2 berjumlah 13 orang anak, yaitu 5 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan kecerdasan linguistik verbal dibuktikan dengan hasil menyimak, berbicara, dan pada siklus I mencapai rata-rata 69%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85%. Selanjutnya disarankan kepada guru-guru dalam menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) akan lebih efektif apabila guru memberikan penjelasan urutan kegiatan dengan bahasa yang mudah dipahami anak, berbincang-bincang sebelum memulai kegiatan, serta memberikan bimbingan bagi anak yang mengalami kesulitan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 13:36 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 13:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4761 |
Actions (login required)
View Item |