KESESUAIAN ANTARA MATERI DAN TUJUAN PADA PELATIHAN TUTOR PAUD DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Adistiana, Reza and Rufran, Zulkarnain and Agus , Zainal (2012) KESESUAIAN ANTARA MATERI DAN TUJUAN PADA PELATIHAN TUTOR PAUD DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pelatihan adalah bagian pendidikaan yang menyangkut proses belajar untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan diluar system pendidikan yang berlaku, dalam waktu yang relative singkat, dan dengan menggunakan metode yang lebih mengutamakan praktik daripada teori. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas materi dan tujuan serta kesesuaian antara materi dan tujuan pada pelatihan tutor PAUD di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus rerata hitung. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kualitas tujuan pada pelatihan tutor PAUD di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yaitu sebesar 76%, (2) kualitas materi pada pelatihan tutor PAUD di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yaitu sebesar 72%, (3) kesesuaian antara materi dan tujuan pada pelatihan tutor PAUD di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yaitu sebesar 73,14%, (4) perhitungan keseluruhan kesesuaian antara materi dan tujuan pada pelatihan tutor PAUD di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yaitu sebesar 73,71%. Berdasarkan temuan diatas, disarankan (1) Perlu ditingkatkan lagi kualitas tujuan pelatihan tutor PAUD untuk pelatihan-pelatihan tutor PAUD selanjutnya, walaupun tujuan pelatihan tutor PAUD yang sudah berlangsung ini terkategori berkualitas, (2) Perlu ditingkatkan lagi kualitas materi pelatihan tutor PAUD, misalnya saja dibeberapa materi pelatihan masih perlu diperinci lagi agar kualitas materi lebih baik lagi untuk pengadaan pelatihan tutor PAUD dimasa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 14:06
Last Modified: 17 Dec 2013 14:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4771

Actions (login required)

View Item View Item