MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK DI TK `AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 5 LUBUKLINGGAU

Andriyani, Yuli and Pudji , Hartuti and Afifatus , Sholihah (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK DI TK `AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 5 LUBUKLINGGAU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-yul-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-yul-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan banyaknya anak yang belum mampu menceritakan proses terjadinya fenomena alam pada pertumbuhan tanaman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian 20 anak siswa kelompok B TK Aisyiyah bustanul Athfal 5 Lubuklinggau. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui metode eksperimen. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertama dan kedua dilakukan selama 2 minggu. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah persentase keberhasilan. Hasil penelitian pada siklus I, jumlah anak yang mendapat nilai baik pada aspek menghitung jumlah biji 55%, membedakan bentuk dan macam biji 60%, memperkirakan bagian yang tumbuh lebih dahulu 40%, menghitung jumlah hari selama proses pertumbuhan 30%, menghitung jumlah daun sampai waktu yang ditentukan 35%, mengamati proses terjadinya pertumbuhan tanaman 35%, mengetahui faktor-faktor yang diperlukan dalam mengumpulkan percobaan 30%. Hasil pada siklus II, jumlah anak yang mendapat nilai baik pada aspek menghitung jumlah biji 80%, membedakan bentuk dan macam bijic%, memperkirakan bagian yang tumbuh lebih dahulu 80%, menghitung jumlah hari selama proses pertumbuhan 75%, menghitung jumlah daun sampai waktu yang ditentukan 90%, mengamati proses pertumbuhan tanaman 80%, mengetahui faktor-faktor yang diperlukan dalam proses pertumbuhan 90%, menyimpulkan percobaan 75%. Dengan demikian melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Kota Lubuklinggau.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 17 Dec 2013 15:21
Last Modified: 17 Dec 2013 15:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4798

Actions (login required)

View Item View Item