Dahwal, Sirman (2009) ETIKA BISNIS MENURUT HUKUM ISLAM (Suatu Kajian Normatif). Supremasi Hukum, 17 (1). pp. 17-30. ISSN 1693 – 766X
|
Text (Journal)
1-JUDUL ETIKA BISNIS DALAM ISLAM.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (83kB) | Preview |
Abstract
Bahwa secara normatif, etika bisnis menurut hukum Islam memperlihatkan adanya suatu struktur yang berdiri sendiri dan terpisah dari struktur lainnya. Hal itu disebabkan bahwa dalam ilmu akhlak (moral), struktur etika dalam agama Islam lebih banyak menjelaskan nilai-nilai kebaikan dan kebenaran baik pada tataran niat atau ide hingga perilaku dan perangai. Nilai moral tersebut tercakup dalam empat sifat, yaitu shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah. Keempat sifat ini diharapkan dapat menjaga pengelolaan institusi-institusi ekonomi dan keuangan secara profesional dan menjaga interaksi ekonomi, bisnis dan social berjalan sesuai aturan permainan yang berlaku. Dalam hukum Islam, etika bisnis tidak hanya dipandang dari aspek etika secara parsial, tetapi dipandang secara keseluruhan yang memuat kaidah-kaidah yang berlaku umum dalam agama Islam. Artinya, bahwa etika bisnis menurut hukum Islam harus dibangun dan dilandasi oleh prinsip-prinsip kesatuan (unity), keseimbangan/keadilan (equilibrium), kehendak bebas/ikhtiar (free will), pertanggungjawaban (responsibility) dan kebenaran (truth), kebajikan (wisdom) dan kejujuran (fair). Kemudian, harus memberikan visi bisnis masa depan yang bukan semata-mata mencari keuntungan yang bersifat ’’sesaat’’, melainkan mencari keuntungan yang mengandung ’’hakikat’’ baik, yang berakibat atau berdampak baik pula bagi semua umat manusia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Journal |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 20 Mar 2013 11:13 |
Last Modified: | 20 Mar 2013 11:13 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/483 |
Actions (login required)
View Item |