PENGARUH KESADARAN LINGKUNGAN PADA NIAT BELI HIJAU: STUDI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN KOSMETIK RAMAH LINGKUNGAN

L., Lia Aninda and Ferry, Tema Atmaja (2008) PENGARUH KESADARAN LINGKUNGAN PADA NIAT BELI HIJAU: STUDI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN KOSMETIK RAMAH LINGKUNGAN. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-LIA-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
IV,V-LIA-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Isu lingkungan seperti global warming menjadi sorotan diberbagai belahan dunia. Berbagai isu lingkungan disinyalir sebagai akibat dari perilaku konsumen yang tidak memperhatikan dampak pembeliannya terhadap kelestarian lingkungan. Oleh karena itu saat ini isu lingkungan menjadi salah satu faktor penting bagi konsumen dalam mepertimbangkan pemilihan produk, tak terkecuali dalam memilih kosmetik. Hal ini menandakan terjadinya pergeseran perilaku konsumen dalam memilih kosmetik yang didorong oleh kesadaran konsumen terhadap lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada konsumen wanita pembeli kosmetik di Kota Bengkulu dan dilakukan untuk menguji pengaruh kausal dari hubungan menarik antara pembelian ramah lingkungan yang dipengaruhi sikap dan perilaku kesadaran, harga premium, keterlibatan, dan niat beli hijau. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probabilistic sampling, karena tidak memiliki sampling frame yang biasa digunakan pada teknik probabilistic sampling dan dengan metode pengumpulan data bersifat accidental. Metode analisis yang digunakan untuk menguji konstruk adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan 263 sampel dari 300 kuisioner yang disebarkan. Hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa dari lima hipotesis yang diajukan, terdapat dua hipotesis yang tidak dapat dibuktikan. Dua hipotesis tersebut yaitu kesadaran lingkungan dan keterlibatan konsumen, karena hipotesis ini tidak mempengaruhi niat beli hijau.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 17 Dec 2013 17:59
Last Modified: 17 Dec 2013 17:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4840

Actions (login required)

View Item View Item