ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG BENGKULU (Aplikasi Quality Function Deployment)

Verawaty, Verawaty and Trisna, Murni (2008) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG BENGKULU (Aplikasi Quality Function Deployment). Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-VER-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (565kB)
[img] Text
IV,V-VER-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (346kB)

Abstract

PT. Federal International Finance Cabang Bengkulu merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak dibidang pembiayaan (leasing). Pada saat ini kegiatan dibidang leasing sangat menarik perhatian pelanggan sehingga pihak perusahaan perlu memperbaiki kinerjanya agar pelanggan merasakan kualitas pelayanan yang diberikan dengan baik dan tidak beralih ke perusahaan leasing lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Federal International Finance Cabang Bengkulu dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan cara wawancara dan kuisioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik aksidental sampling yaitu dengan menyebarkan kuisioner kepada konsumen PT. Federal International Finance Cabang Bengkulu sebanyak 100 responden selama 37 hari. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dimana pada analisis kuantitatif digunakan skala likert. Tahap dalam penelitian ini adalah menghitung derajat kepentingan pelanggan, menghitung kinerja atribut jasa perusahaan, identifikasi parameter teknik, menentukan hubungan atribut jasa dengan parameter teknik, menentukan target yang ingin dicapai, menentukan kesulitan teknik dari setiap parameter teknik, menentukan prioritas penjelasan teknik, menentukan konflik dan sinergi terhadap parameer teknik, penggambaran house of quality, serta analisa dan interpretasi. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Federal International Finance Cabang Bengkulu sudah baik dimana kinerja atribut jasa yang dihasilkan sebesar 3,58 lebih besar dari derajat kepentingan sebesar 3,35. Selanjutnya didapat prioritas penjelasan teknis dengan menghubungkan keeratan antara 23 atribut jasa dengan 16 parameter teknik dengan hasil prioritas tertinggi yaitu menyediakan SDM yang berkualitas, mengadakan evaluasi dan training pada karyawan, serta memberikan pelayanan yang cepat dan handal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 18 Dec 2013 09:35
Last Modified: 18 Dec 2013 09:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4876

Actions (login required)

View Item View Item