STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN SNOWBALL THROWING DI KELAS V SDN 25 KOTA BENGKULU

Waty, Vera and Lukman, Lukman and Ansyori , Gunawan (2013) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN SNOWBALL THROWING DI KELAS V SDN 25 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-ver.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-ver.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa yang diajarkan menggunakan model Quantum Teaching dibandingkan siswa yang diajarkan dengan Model Snowball Throwing Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi adalah seluruh siswa kelas V SDN 25 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching , kelas VB yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing , dan kelas VB di SDN 17 kota Bengkulu sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes berbentuk objektif yang terdiri dari 25 butir soal, Berdasarkan analisis data penelitian yang diperoleh, nilai rata-rata dari hasil posttest untuk kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching adalah 69,29 dan kelas eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing adalah 62,33. Analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan analisis data penelitian melalui uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil belajar aspek kognitif thitung 3,75 sedangkan ttabel (n1 + n2 – 2 = 20+20 – 2 = 38) maka didapati ttabel =1,67 berarti thitung > ttabel sehingga H1 diterima. pada taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Snowball Throwing

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 11:59
Last Modified: 18 Dec 2013 11:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4888

Actions (login required)

View Item View Item