Haiturahati, Haiturahati and Daimun , Hambali and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 97 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III,1-13-hai.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (530kB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-hai.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menentukan ide pokok paragraf melalui pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 97 Seluma. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 97 Seluma yang berjumlah 14 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan tes.Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran.sedangkan tes hasil belajar dianalisi menggunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu : 1). Hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 dari 2 orang pengamat dperoleh skor rata-rata 28,5 kategori baik, meningkat pada siklus ke 2 menjadi skor rata-rata 30 dengan kategori baik. 2). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh skor rata-rata 27 dalam kategori cukup meningkat pada siklus ke 2 menjadi 31,5 dalam kategori baik. 3). Hasil tes belajar siswa diperoleh rata-rata kelas pada siklus 1 63,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 35,7 % meningkat pada siklus 2 menjadi rata-rata nilai 78,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 85,7 % kesimmpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran bahasa indonesia dapat meningkatka aktivitas pembelajaran dan kemampuan siswa menentukan ide pokok paragraf.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 12:03 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 12:03 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4889 |
Actions (login required)
View Item |