PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 12 PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH

Sahri, Harpin and Ismail, Ismail and Karjiati, Karjiati (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 12 PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-har.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-har.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 12 Pondok Kelapa Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme melalui metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi 4 tahap kegiatan yakni perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (Action), pengamatan (Observation), dan Refleksi (Reflection). Subyek penelitian ini adalah peneliti yang merupakan guru kelas V dan siswa kelas V SD Negeri 12 Pondok Kelapa Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Analisis data tes menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Hasil yang diperoleh dalam penelitian siklus I yaitu: (1) nilai ratarata observasi aktivitas guru sebesar 26 dengan kategori cukup, (2) nilai rata-rata observasi aktivitas siswa 21 dengan kategori cukup, (3) Nilai rata-rata hasil belajar dari 13 siswa adalah 66 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 61,5%. Sedangkan hasil yang diperoleh dalam penelitian siklus II yaitu: 1) nilai rata-rata observasi aktivitas guru sebesar 33 dengan kategori baik, (2) nilai rata-rata observasi aktivitas siswa 31 dengan kategori baik, (3) Nilai rata-rata hasil belajar dari 13 siswa adalah 78,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 100%. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I dan II yaitu 72,9. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan pendekatan konstruktivisme melalui metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 12:13
Last Modified: 18 Dec 2013 12:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4890

Actions (login required)

View Item View Item