Yensy, Nurul Astuty (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP N 1 ARGAMAKMUR. EXACTA, 10 (1). pp. 24-35. ISSN 1412-3617
|
Text (Journal)
04. Isi vol x 2012 - Nurul Astuty Yensi 024-035.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (125kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Argamakmur melalui penerapan model pembelajaran Cooperative tipe Examples Non Examples dengan menggunakan alat peraga pada pokok bahasan kubus dan balok; 2) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Argamakmur melalui penerapan model pembelajaran Cooperative tipe Examples Non Examples dengan menggunakan alat peraga pada pokok bahasan kubus dan balok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 1 Argamakmur tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 29 siswa, yaitu 14 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian adalah PTK dengan tiga siklus dengan alur penelitian meliputi: rencana tindakan → pelaksanaan tindakan → observasi → refleksi → rencana tindakan siklus selanjutnya. Indikator keberhasilan tindakan jika nilai tes siswa rata-rata meningkat dan minimal 60,0; ketuntasan belajar klasikal ≥ 85% serta hasil observasi keaktifan siswa mencapai kriteria baik. Pengumpulan data menggunakan lembar tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa meningkat dengan nilai dan kategori masing-masing siklus I, II dan III adalah 27 (cukup), 31 (baik) dan 32 (baik). Hasil belajar siklus I untuk pemahaman konsep menunjukkan nilai rata-rata 58,68 dan ketuntasan belajar 51,72%. Siklus II rata-rata 72,81 dan ketuntasan belajar 79,31%. Siklus III rata-rata 82,34 dan ketuntasan belajar 96,57%. Hasil belajar siswa meningkat karena dengan diberikannya Lembar Diskusi untuk dikerjakan secara berkelompok serta digunakannya alat peraga dalam pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar dan kompetensi dasar. Aktivitas siswa meningkat karena adanya pengelompokan yang heterogen, diskusi kelompok dan persentasi, pengarahan, penyimpulan serta evaluasi dari guru.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 21 Mar 2013 10:40 |
Last Modified: | 21 Mar 2013 10:40 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/490 |
Actions (login required)
View Item |