PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MULALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IVB SDN 65 KOTA BENGKULU

Asromi, Asromi and Daimun , Hambali and Ansyori , Gunawan (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MULALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IVB SDN 65 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-asr.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-asr.fi.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi devenisi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observsi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) meningkatnya aktivitas pembelajaran : (a) aktivitas guru siklus I diperoleh nilai sebesar 39,5 dengan kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 47,5 dengan kategori baik, (b) aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai sebesar 42,5 dengan kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 49,5 dengan kategori baik. (2) meningkatkan hasil belajar siswa: (a) kognitif, hasil belajar ini ditunjukkan dari siklus I nilai rata-rata kelas 58,88 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 58,33%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 75,55 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 86,11%; (b) afektif, nilai rata-rata skor afektif siswa pada siklus I sebesar 5,86 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 7,55 dengan kategori baik, (c) psikomotor, nilai rata-rata skor psikomotor pada siklus I sebesar 6,2 dengan kategori cukup dan meningkatan pada siklus II 7,65 kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pendekatan konstruktivisme melalui pemanfaatan lingkungan dalam menulis karangan eksposisi dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa di kelas IVB SD Negeri 65 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 13:55
Last Modified: 18 Dec 2013 13:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4901

Actions (login required)

View Item View Item