ENGLISH TEACHERS’ STRATEGIES IN QUESTIONING AND RESPONDING TO STUDENTS’ QUESTIONS AT THE SECOND-GRADE OF SMAN 6 BENGKULU IN THE 2011/2012 ACADEMIC YEAR,.

Hartini, Hartini and Azwandi, Azwandi and Syahrial , Syahrial (2012) ENGLISH TEACHERS’ STRATEGIES IN QUESTIONING AND RESPONDING TO STUDENTS’ QUESTIONS AT THE SECOND-GRADE OF SMAN 6 BENGKULU IN THE 2011/2012 ACADEMIC YEAR,. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Thesis Hartini-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui strategi guru bahasa Inggris dalam bertanya dan merespon pertanyaan siswa di kelas Dua SMAN 6 Bengkulu tahun akademik 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan subyek penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas dua SMAN 6 Bengkulu. Data dikumpulkan dengan menggunakan ceklis dan perekam video. Data dianalisa dengan menggunakan langkah-langkah berikut: 1) mentranskripsikan hasil rekaman ke dalam bentuk tulisan, 2) mengidentifikasi strategi guru, 3) mengelompokkan strategi-strategi guru, 4) menghitung pertanyaan dan respon guru dengan menggunakan formula persentase utuk mencari frekuensi setiap pertanyaan dan respon yang digunakan oleh guru. Hasil menunjukkan bahwa dari seluruh strategi bertanya yang digunakan, strategi yang paling sering digunakan oleh guru adalah mengulangi pertanyaan (57%) dari seluruh strategi bertanya, menunda jawaban dari siswa (23.8%), menggugah siswa untuk memprediksi jawaban (19%), dan memberikan informasi tambahan (9.5%). Dalam merespon pertanyaan siswa, hasil menunjukkan bahwa strategi yang paling sering digunakan oleh guru adalah menjawab pertanyaan siswa secara langsung, sebanyak 63.6% dari seluruh respon, menunda menjawab pertanyaan siswa (18.2%), meminta mengulangi pertanyaan siswa (13.6%), dan mengarahkan diskusi sesama siswa (4.6%). Kesimpulannya, strategi bertanya guru belumlah ideal karena paling banyak yang digunakan adalah mengulangi pertanyaan, begitupun dengan strategi merespon pertanyaan siswa yang mana strategi yang mengarahkan diskusi diantara siswa belum cukup banyak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 13:48
Last Modified: 18 Dec 2013 13:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4903

Actions (login required)

View Item View Item