PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM-ACHIVEMENT DIVISION) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL MELALUI PROGRAM MOVIE MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVA SDN 12 KOTA BENGKULU

Chandra, Megie Ade and Ansyori , Gunawan and Wurjinem, Wurjinem (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM-ACHIVEMENT DIVISION) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL MELALUI PROGRAM MOVIE MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVA SDN 12 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-meg.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-meg.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapan model pembelajaran koooperatif tipe STAD menggunakan media audio-visual melalui program Movie Maker pada mata pelajaran IPS di kelas IVa SDN 12 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVa SDN 12 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2012/ 2013 pada pembelajaran IPS yang berjumlah 28 orang siswa, yaitu 15 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Data hasil observasi dianalisis dengan teknik analisis data observasi guru dan siswa. Dari analisis data observasi guru dan siswa menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 42 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 40 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 53 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 51 dengan kriteria baik. Data hasil belajar dianalisis dari hasil tes siswa dengan menggunakan teknik analisis data tes. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 67,85% dengan nilai rata-rata 7,22. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 85,71% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 8,57%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media Audio-Visual melalui Program Movie Maker dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran IPS serta dapat meningkatkan aktivitas proses pembelajaran khususnya di kelas IVa SDN 12 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:46
Last Modified: 18 Dec 2013 14:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4914

Actions (login required)

View Item View Item