Penerapan Metode Brainstorming melalui Media Visual untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas V SD Negeri 35 Kota Bengkulu

Kurniawan. , Dedi and Wurjinem, Wurjinem and Rita , Sinthia (2012) Penerapan Metode Brainstorming melalui Media Visual untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas V SD Negeri 35 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Dedi Kurniawan.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran IPS siswa kelas VSekolah Dasar Negeri 35 Kota Bengkulu dengan cara penerapan metode Brainstorming melalui media Visual. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 35 Kota Bengkulu pada semesterItahun pelajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus I diperoleh nilai lembar observasi aktivitas guru sebesar 31,25dengan kategori cukup dan nilai lembar observasi aktivitas siswa sebesar 31,25 dengan kategori cukup,sedangkan dari 34 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 52,93%, dan mendapat nilai rata-rata sebesar 58,96, (2) pada siklus II diperoleh nilai lembar observasi aktivitas guru sebesar 41 dengan kategori baik dan nilai lembar observasi aktivitas siswa sebesar 40,75 dengan kategori baik, sedangkan dari 34 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 77,93% dengan nilai rata-rata sebesar71,09. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Brainstorming melalui media Visual dapat Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil BelajarSiswa Kelas V SDNegeri35Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:21
Last Modified: 18 Dec 2013 14:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4915

Actions (login required)

View Item View Item