Penerapan Model Somatic, Auditori, Visual, Intelectual (SAVI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dan Mengembangkan Karakter Siswa (PTK Di Kelas V SD Negeri 35 Kota Bengkulu)

Delly. , Elvansie and Abdul, Muktadir and Wurjinem, Wurjinem (2012) Penerapan Model Somatic, Auditori, Visual, Intelectual (SAVI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dan Mengembangkan Karakter Siswa (PTK Di Kelas V SD Negeri 35 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Delly Elvansie.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kualitas proses dan hasil serta pengembangkan karakter pada pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 35 Kota Bengkulu melalui penerapan model Somatic, Auditori, Visual, Intelectual (SAVI). Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 35 Kota Bengkulu pada semester I tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata melalui lembar observasi guru sebesar 30,25 dengan kategori cukup dan nilai rata-rata melalui lembar observasi siswa sebesar 30,75, dengan kategori cukup, sedangkan hasil tes siswa dari 33 siswa mendapat nilai rata-rata 65,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 33,33%, dan pengenbangan karakter siswa yang mencapai kategori MK , pada aspek religius 9,09 %, kerja keras 6,06%, disiplin 6,06%, kreatif 4,54%, komunikatif 12,12% dan mandiri 1,51%. (2) pada siklus II diperoleh nilai rata-rata melalui lembar observasi guru sebesar 40 dengan kategori baik dan nilai rata-rata melalui lembar observasi siswa sebesar 40,25 dengan kategori baik, sedangkan hasil tes dari 33 orang siswa mendapat nilai rata-rata 76,30 dengan ketuntasan belajar klasikal 93,93%. dan pengenbangan karakter siswa yang mencapai kategori MK , pada aspek religius 31,81 %, kerja keras 21,21%, disiplin 12,12%, kreatif 18,18%, komunikatif 33,33% dan mandiri 24,24%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 35 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:27
Last Modified: 18 Dec 2013 14:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4916

Actions (login required)

View Item View Item