MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER MELALUI MODEL QUANTUM WRITER (QW) BERBASIS LINGKUNGAN SISWA KELAS IV E SDN 79 KOTA BENGKULU

Darmadi, , Didik and Hasnawati, Hasnawati and Abdul, Muktadir (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER MELALUI MODEL QUANTUM WRITER (QW) BERBASIS LINGKUNGAN SISWA KELAS IV E SDN 79 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Didik Darmadi..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV E SD Negeri 79 Kota Bengkulu, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan pengembangan karakter siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model Quantum Writer (QW) Berbasis Lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor serta obeservasi pengembangan karakter. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata- rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas guru sebesar 46,25 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat sebesar 52 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas siswa sebesar 46 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat sebesar 51 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 50% dengan nilai rata-rata 67,63 pada siklus II meningkat menjadi 76,67% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 74,8. Untuk pengamatan afektif pada siklus I dengan rata-rata 11,1, dan pada siklus II meningkat mencapai 12,27 dengan rata-rata aspek afektif berkembang dari kategori cukup hingga mencapai kategori baik. Demikian pula untuk pengamatan psikomotor pada siklus I dengan rata-rata 7,53 dan meningkat pada siklus II sebanyak 10,1 untuk setiap aspek psikomotor dari kategori cukup menjadi baik, sedangkan pengembangan nilai- nilai karakter sikap bersahabat berkembang paling pesat dengan 38,33%, sedangkan nilai Disiplin paling rendah berkembang secara konsisten (MK) yaitu hanya 31,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model Quantum Writer (QW) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan Deskripsi serta proses pembelajaran, hasil belajar dan pengembangan karakter khususnya siswa kelas IV E SD Negeri 79 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:44
Last Modified: 18 Dec 2013 14:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4919

Actions (login required)

View Item View Item