PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL QUANTUM TEACHING MENGGUNAKAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS III D SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU

Dwi. Utami , septiana, and Endang , Widi Winarni and Rita , Sinthia (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL QUANTUM TEACHING MENGGUNAKAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS III D SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Dwi Utami Septiana.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik kelas III D SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu dengan cara menerapkan model Quantum Teaching menggunakan multimedia. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III D SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) Observasi guru pada siklus I diperoleh skor 24 dengan kriteria “baik”, meningkat pada siklus II diperoleh skor 27 dengan kriteria “baik”. (2) Observasi siswa siklus I diperoleh skor 23 dengan kriteria “cukup”, meningkat pada siklus II diperoleh skor 26,5 dengan kriteria “baik”. (3) Ranah kognitif: KD mata pelajaran IPA 79 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,07% pada siklus I meningkat menjadi 85 pada siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 79,31%. KD mata pelajaran PKn 80 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 58,62% pada siklus I meningkat menjadi 83 pada siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 82,76%. KD mata pelajaran Matematika 76 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 51,72% pada siklus I meningkat menjadi 78 pada siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 79,31% (4) Ranah afektif: kategori membudaya secara konsisten (MK) tanggung jawab 13,75% meningkat menjadi 24,14%, kesabaran 17,24% meningkat menjadi 25,58%, bersahabat 8,62% meningkat menjadi 17,23%, ketertiban 17,24% meningkat menjadi 27,58%, ketulusan 20,69% meningkat menjadi 25,87%, dan religius 20,69% meningkat menjadi 31,03%. (5) Ranah psikomotor: kategori sangat terampil (ST) menggabungkan 10,34% meningkat menjadi 22,42%, menyesuaikan 12,07% meningkat menjadi 24,14%, dan mempertajam 10,34% meningkat menjadi 15,52%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Pembelajaran Tematik Model Quantum Teaching menggunakan multimedia dapat Meningkatkan Aktivitas pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Kelas III D SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru untuk menggunakan Model Quantum Teaching menggunakan multimedia dalam pembelajaran tematik khususnya kelas rendah I, II dan III.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:52
Last Modified: 18 Dec 2013 14:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4920

Actions (login required)

View Item View Item