Andriani, Meisri Dewi and Karjiyati, Karjiyati and Nani , Yuliantini (2013) PENERAPAN MODEL INQUIRY TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR, DAN PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER SISWA DI KELAS V SD N. 35 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-mei.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
|
Text (Thesis)
I,II,III,1-13-mei.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar, dan mengembangkan nilai karakter siswa pada pembelajaran matematika melalui model inquiri terbimbing di kelas V SD N. 35 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini guru dan siswa kelas V SD N. 35.Teknik analisis data hasil belajar menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data hasil belajar dianalisis dengan ratarata skor dan kriteria penilaian. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata observasi aktivitas guru 36 dengan kriteria baik dan siklus II meningkat menjadi 43,25 dengan kriteria baik. Pada siklus I rata-rata observasi aktivitas siswa 37 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 42,75 dengan kriteria baik. Rata-rata nilai akhir pada siklus I 65,22 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,47. Ketuntasan belajar klasikal nilai akhir pada siklus I 58,8% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,47%. Persentase aspek afektif menerima siklus I 32,35%, siklus II meningkat menjadi 73,76%. Menanggapi siklus I 26.47%, siklus II meningkat menjadi 64,75%. Menilai siklus I 38,235%, siklus II meningkat menjadi 61,8%. Mengelola siklus I 32,355%, siklus II meningkat menjadi 69,15%. Menghayati siklus I 26,47%, siklus II meningkat menjadi 73,55%. Persentase aspek psikomotor menirukan siklus I 29,41%, siklus II meningkat menjadi 60.28%. Memanipulasi siklus I 33,82%, siklus II meningkat menjadi 63,255%. Pengalamiahan siklus I 39,71%, siklus II meningkat menjadi 73,53%. Artikulasi siklus I 32,35%, siklus II meningkat menajdi 73,535%. Sedangkan untuk Pengembangan nilai-nilai karakter, nilai jujur berkembang paling pesat yaitu pada siklus I 51,45% menjadi 70,595% pada siklus II,sedangkan nilai rasa ingin tahu mulai berkembang paling rendah yaitu pada siklus I 52,9% menjadi 55,88% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar, dan mengembangakn nilai karakter siswa pada kelas V SD Negeri 35 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 14:53 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 14:53 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4921 |
Actions (login required)
View Item |