PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VI SDN 130 SELUMA

Murman, Murman and Daimun, Hambali and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VI SDN 130 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-mur.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (451kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-mur.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (433kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn kelas VI SD Negeri 130 Seluma.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus terdiri 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Tehnik analisis data yaitu data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor kiasaran. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh hasil analisis observasi guru 26,5 dengan kriteria cukup hasil analisis observasi siswa 18,5 dengan kriteria kurang nilai rata-rata hasil tes 5,8 dengan ketuntasan klasikal 50 %. Pada siklus II mengalami peningkatan di peroleh hasil analisis observasi guru menjadi 31,5 dengan kriteria baik,hasil analisis observasi siswa 31 dengan kriteria baik nilai hasil tes dengan rata-rata 7,3 dengan ketuntasan klasikal 85 %. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem Based Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VI SD 130 Seluma

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 15:04
Last Modified: 18 Dec 2013 15:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4925

Actions (login required)

View Item View Item