Arfianto, , Edo and Endang , Widi Winarni and Resnani, Resnani (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 69 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Skripsi Edo Arfianto.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa yang diajarkan menggunakan model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dibandingkan siswa yang diajarkan dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas Vb yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen I, kelas Vc yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen II, dan kelas Va sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar aspek kognitif, lebar observasi siswa aspek afektif pada sikap ilmiah, dan lembar observasi siswa aspek psikomotor pada keterampilan proses. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil belajar aspek kognitif thitung 2,14 > ttabel 1,67 pada taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan aspek kognitif siswa antara model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Uji- t yang dilakukan pada hasil belajar aspek afektif pada sikap ilmiah diperoleh thitung 1,26 ttabel 1,67 pada taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara hasil belajar aspek afektif pada sikap ilmiah siswa antara model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Uji-t yang dilakukan pada hasil belajar aspek psikomotor pada keterampilan proses diperoleh thitung 1,37 ttabel 1,67 pada taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara hasil belajar aspek psikomotor pada keterampilan proses siswa antara model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 15:12 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 15:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4927 |
Actions (login required)
View Item |