ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA SEBUAH KARANGAN DI KELAS IVA SDIT IQRA’2 KOTA BENGKULU

Primadona, , Elza and Daimun , Hambali and Dalifa, Dalifa (2012) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA SEBUAH KARANGAN DI KELAS IVA SDIT IQRA’2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Elza Primadona.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada sebuah karangan di SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data utama berasal dari karangan siswa kelas IVA SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu dan sumber data tambahan yaitu dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penelitian berupa buku EYD. Teknik pengumpulan data adalah studi analisis berupa karangan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah: mengumpulkan data hasil karangan siswa, mengidentifikasi kesalahan berdasarkan aspek kesalahan, membahas masing-masing kesalahan sesuai dengan aspek-aspeknya, menghitung persentase setiap aspek kesalahan huruf kapital dan tanda baca, dan menentukan kriteria persentase setiap aspek kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian, masih banyak ditemukan kesalahan penggunaan huruf kapital yaitu di judul, penggunaan nama orang, penggunaan awal kalimat, penggunaan nama bangsa, penggunaan nama instansi dan tempat, penggunaan nama hari dan bulan, penggunaan petikan langsung, penggunaan sapaan. Kesalahan penggunaan tanda baca dalam karangan ditemukan tanda baca titik, kesalahan penggunaan tanda baca koma, kesalahan penggunaan tanda baca titik dua, dan kesalahan penggunaan tanda baca kutip. Kesalahan yang ditemukan setiap aspek jumlahnya berbeda-beda. Guru juga harus memprogram dan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 15:28
Last Modified: 18 Dec 2013 15:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item View Item