Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pendekatan Kontruktivisme Pada Mata Pelajaran IPS dikelas IV A SD Negeri 24 Kota Bengkulu

Hartanto, , Erlan and Badeni, Badeni and Wurjinem, Wurjinem (2012) Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pendekatan Kontruktivisme Pada Mata Pelajaran IPS dikelas IV A SD Negeri 24 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Tersusun Skripsi Lengkap Erlan Hartanto.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh strategi yang paling tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 24 Kota Bengkulu sampai taraf yang seharusnya mereka capai (minimal nilai 7,0) dan meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapan pendekatan kontruktivisme pada mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes akhir dan pengamatan. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Data observasi dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif argumentatif. Data tes dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (a) untuk 15 butir aspek yang diamati, aktivitas guru pada siklus I, 8 butir aspek baik, 7 butir aspek cukup. Aktivitas siswa pada siklus I, 8 butir aspek baik, 7 butir aspek cukup. Aktivitas guru pada siklus II, 15 butir aspek baik. Aktivitas siswa pada siklus II, 15 butir aspek baik. Langkah-langkah pembelajaran yang paling tepat pada penerapan pendekatan kontruktivisme berdasarkan penelitian ini adalah: (1) guru menyampaikan apersepsi secara menarik dan menghubungkan dengan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar siswa; (2) guru menyampaikan tujuan pembelajaran dengan kalimat yang sederhana dan menuliskan di papan tulis; (3) guru memotivasi siswa dengan pertanyaan konflik koqnitif; (4) guru membagi siswa dalam kelompok kecil yang beranggota 3 orang secara heterogen; (5) guru membagikan dan menjelaskan langkah kerja LDS; (6) siswa secara keseluruhan dapat kesempatan untuk menemukan konsep melalui serangkaian kegiatan yang telah direncanakan dengan melalui bimbingan guru; (7) guru memberikan kesempatan siswa bertanya; (8) guru membimbing dan memberikan penguatan secara merata; (9) kelompok menyampaikan hasil diskusi ke depan kelas; (10) siswa mendiskusikan hasil kerja kelompok dengan mengajukan pendapat jawaban melalui bimbingan guru; (11) guru memantapkan konsep yang belum jelas menggunakan media gambar; (12) guru membantu siswa menyimpulkan materi; (13) guru menciptakan situasi yang memungkinkan siswa untuk mengaplikasikan pemahamannya dalam kehidupan sehari-hari dengan mengajukan isu-isu yang ada di lingkungan siswa; (14) guru memberikan evaluasi; (15) guru memberikan tindak lanjut. (b) hasil belajar pada siklus I rata- rata nilai 6,4, persentase ketuntasan belajar klasikal 60%, pada siklus II rata-rata nilai 7,6, persentase ketuntasan belajar klasikal 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan kontruktivisme dapat diperoleh strategi pembelajaran yang paling tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa sampai taraf yang seharusnya mereka capai (minimal nilai 7,0) dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SDN 2$ Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 15:49
Last Modified: 18 Dec 2013 15:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4940

Actions (login required)

View Item View Item