PENGARUH DONGENG DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK KELAS IV DI SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU

Farantika, , Fera and Pudji , Hartuti and Sri , Irawati (2012) PENGARUH DONGENG DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK KELAS IV DI SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Fera Farantika.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan umum penelitian ini ialah apakah ada pengaruh dongeng dengan media video terhadap keterampilan menyimak anak kelas IV di SD Negeri 81 Kota Bengkulu. Dengan adanya permasalahan tersebut maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dongeng dengan media video terhadap keterampilan menyimak anak kelas IV di SD Negeri 81 Kota Bengkulu yang dilaksanakan dengan menggunakan penelitian pra-eksperimen design metode one group pretest-posttest. Instrumen penelitian ini menggunakan non tes dengan angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara menggunkan rumus korelasi product moment, korelasi ganda, dan parsial (uji F). Hasil analisis data dalam bentuk perhitungan dan narasi. Dari analisis data didapatkan bahwa pada saat pretest dongeng dan menyimak tidak terdapat hubungan signifikan 5%, dilihat dari rhitung < rtabel (-0,068 < 0,254). Pada saat posttest mendapatkan hubungan yang signifikan 5% dari dongeng, media video, dan menyimak, terlihat dari rhitung> rtabel. Hubungan antara dongeng dan menyimak (0,557 > 0,254), hubungan antara media video dan menyimak (0,361 > 0,254), dan hubungan antara dongeng dan media video (0,358 > 0,254). Setelah itu ketiga hubungan ini dimasukkan ke dalam rumus korelasi ganda dengan signifikan 5%. Ketiga hubungan ini mendapatkan hasil Rhitung > Rtabel (0,583 > 0,254). Terakhir menggunakan rumus parsial (uji F) untuk melihat seberapa besar pengaruh dongeng dengan media video terhadap menyimak. Perhitungan ini mendapatkan hasil Fhitung > Ftabel (15,45 > 2,79). Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh dongeng dengan media video terhadap keterampilan menyimak anak kelas IV di SD Negeri 81 Kota Bengkulu. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dongeng dan media video dapat mempengaruhi keterampilan menyimak anak kelas IV di SD Negeri 81 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 15:58
Last Modified: 18 Dec 2013 15:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4944

Actions (login required)

View Item View Item